Selasa, 19 November 2013

5 LANGKAH OPTIMALKAN KINERJA TABLET ANDROID

Buat anda penggemar gadget dan menggunakan tablet tentunya perangkat satu ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai alat komunikasi atau media hiburan (musik, video, game) tetapi juga untuk mendukung aktivitas sehari-hari seperti
sosial media, push mail hingga pekerjaan kantor (software perkantoran).
Sebenarnya perangkat canggih ini menyediakan beragam fitur yang membuatnya begitu digandrungi di dunia.  Namun tidak sedikit pengguna tablet android yang termasuk pemula belum mengetahui kemampuan apa saja yang dimiliki tablet yang sudah menguasai pasar dunia ini.

Nah berikut ini sedikit tips mengenai apa saja yang dapat anda manfaatkan agar optimalisasi perangkat pintar tersebut tercapai.

MANFAATKAN GOOGLE PLAY (PLAY STORE)
Satu kelebihan utama pada perangkat tablet Android adalah adanya Google Play yang menyediakan ratusan ribu aplikai gratis hingga berbayar untuk disematkan pada perangkat. Mulai dari aplikasi hiburan, perkantoran hingga demi keperluan beragam profesi lainnya.

Namun sebelum dapat menginstal ratusan ribu aplikasi gratis tersebut anda harus mendaftarkan emaildari Google alias gmail. Proses pembuatan email tersebut sangat mudah karena anda hanya mengikuti petunjuk yang diberikan. Registrasi atau pembuatan email dapat anda lakukan melalui tablet anda secara langsung. Sebenarnya masih ada gudang aplikasi android lainnya yang tersedia namun tidaklah selengkap dan sebaik yang terdapat di Google Play.

BERLANGGANAN PAKET INTERNET
Aplikasi yang telah terinstal terkadang membutuhkan update atau membutuhkan koneksi internet yang terus-menerus (seperti aplikasi push mail atau jejaring sosial). Anda dapat memanfaatkan koneksi WiFi yang gratis, namun tetap saja membutuhkan koneksi internet dari operator yang anda gunakan.

Bila memanfaatkan operator dari kartu SIM yang digunakan sebaiknya anda memanfaatkan paket berlangganan yang jauh lebih murah dari pada paket internet reguler. Paket berlangganan yang disediakan bervariasi tergantung operator yang anda gunakan. Namun paket tersebut biasanya menyediakan pilihan berdasarkan waktu ( harian, mingguan, atau bulanan) dan kecepatan data.

GUNAKAN LAYANAN ONLINE STORAGE
Meskipun tablet terbaru menyediakan media penyimpanan yang besar, namu karena begitu banyaknya file yang terus bertambah akhirnya membuat memori bekerja menjadi lebih berat. Nah, sebaiknya anda memanfaatkan media penyimpanan online yang menyediakan beragam kelebihan untuk urusan upload dan download file.

Beberapa tempat penyimpanan data secara online yang dapat digunakan adalah : Daum Cloud, Memopal, LeapDrive, Box.net, Comodo Cloud, dan Dropbox. Kesemuanya adalah layanan backup online yang menyediakan media penyimpanan “cloud” (awan) untuk beragam file seperti gambar, video, lagu, dokumen, program atau aplikasi dan lainnya.

MENGGUNAKAN APLIKASI CLEANER
Cara lain untuk memaksimalkan kinerja Android anda adalah dengan memanfaatkan aplikasi cleaner. Aplikasi cleaner mampu menghapus secara otomatis cache dan history dengan jeda waktu yang dapat diatur serta menghapus semua catatan pencarian dan navigasi saat menggunakan browser. Banyak sekali aplikasi cleaner yang bisa anda download dari Google Play secara gratis.

MENGAMANKAN PONSEL

Tablet Android yang menggunakan layar sentuh sebaiknya selalu dalam keadaan terkunci saat tidak digunakan. Selain untuk menghemat baterai tentu saja juga untuk menghindari pemakaian yang tidak diinginkan. Mengunci layar dapat diatur berdasarkan pengaturan yang anda rancang sendiri baik menggunakan gestur (pola) tertentu atau bisa juga dengan menuliskan kata sandi. Bila fitur pengamanan ini dirasa masih kurang, anda dapat mendownload aplikasi lain yang sejenis dari Google Play.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi tambahan yang dapat anda sematkan seperti untuk menghemat baterai, aplikasi yang dapat menggandakan kemampuan baterai, aplikasi untuk pengganda kemampuan memori, aplikasi memaksimalkan kerja prosesor dan aplikasi lainnya. Selamat mencoba
(PULSA/Edisi 246 Th X/2012/7-20 Nopember)